Daftar Harga CCTV Sesuai dengan Tipenya

  • 2 min read
CCTV Online

Sejauh ini CCTV selalu dianggap sebagai salah satu sistem pengamanan yang bagus dan nyaris selalu berhasil melindungi aset orang-orang yang memasangnya. Bahkan ada juga masa-masa dimana hasil rekaman CCTV membantu para polisi dalam menemukan pelaku tindak kejahatan.

Tidak heran bila sekarang banyak sekali orang yang mulai tertarik untuk memasang perangkat satu ini di rumahnya, apalagi harga CCTV juga cukup terjangkau.

Kamera CCTV Online

Kamera CCTV online ini bisa kita artikan sebagai sistem kamera yang dihubungkan ke jaringan fast Ethernet secara langsung. Karenanya, CCTV ini sangat mengandalkan internet supaya video bisa terkirim dengan mudah dan kualitasnya juga tinggi. Cara kerja CCTV ini sendiri akan mengirimkan video yang berupa live streaming dengan menggunakan jaringan IP.

IP yang digunakan untuk CCTV ini adalah IP khusus, dan karena sistemnya adalah online, sudah pasti kamera ini bisa Anda akses dari jarak yang jauh asalkan Anda masih terhubung dengan internet.

Pasang CCTV di Rumah

Pasang CCTV di Rumah
Pasang CCTV di Rumah

Jika Anda berminat untuk memasang CCTV ini di rumah Anda, Anda bisa mengikuti cara yang kami jelaskan secara singkat di bawah ini:

1. Pastikan bahwa Anda memilih CCTV yang sesuai dengan penempatannya. Ini adalah hal pertama yang harus Anda lakukan karena lokasi penempatan CCTV sangat menentukan CCTV tersebut.

Misal, Anda akan meletakkannya di luar rumah, maka Anda harus membeli CCTV outdoor yang tahan terhadap cuaca. Tetapi jika CCTV itu akan dipasang di ruangan yang cenderung lebih gelap, mungkin Anda bisa mempertimbangkan CCTV dengan infrared

2. Cari tempat pemasangan CCTV yang benar-benar strategis

3. Setelah itu siapkan perlengkapan CCTV yang biasanya terdiri atas bor, kabel, digital video recorder (DVR), klip kabel dan lain-lain

4. Tentukan lokasi untuk menempatkan DVR

5. Pasang koneksi internet yang bisa support DVR di tempat CCTV akan dipasang

6. Instal software CCTV sebagai sistem keamanan. Caranya adalah dengan menghubungkan kabel yang dari kamera hingga ke monitor dan DVR berada

7. Hubungkan konektor ke DVR, bila perlu lakukan konfigurasi agar bisa mengambil sinyal

8. Pasang braket

9. Buat sebuah lubang untuk menempatkan kawat feed kamera. Kawat ini dijalankan dengan melalui lubang tersebut hingga mencapai monitor

10. Hubungkan CCTV dengan sumber listrik dengan tegangan arus yang searah melalui perantara sakelar supaya Anda bisa menyalakan dan mematikan dengan mudah

11. Jika sudah, pastikan semua kabel yang berhubungan dengan CCTV, monitor serta DVR terpasang dengan baik lalu lakukan uji coba.

Daftar Harga CCTV Berbagai Tipe

Mengenai harga CCTV itu jelas tergantung pada tipenya. Sementara untuk tipe CCTV itu sendiri terdiri dari berbagai type seperti berikut ini:

1. Standar Box Camera
2. Kamera CCTV Kamuflase
3. Kamera CCTV Explosion Proof
4. Kamera CCTV Speed Dome
5. Kamera CCTV Weatherproof
6. Network Camera atau IP Camera
7. Kamera CCTV Dome
8. Kamera CCTV PTZ atau Pan Tilt Zoom
9. Kamera CCTV Bullet
10. Kamera CCTV Board
11. Kamera CCTV Day and Night
12. Kamera CCTV Spy
13. Kamera CCTV Wireless
14. Kamera CCTV HD atau High Definiton
15. Kamera CCTV Varifocal
16. Kamera CCTV Infrared